Langsung ke konten utama

NHW 5 : Design Pembelajaran ala Saya



Inilah tugas di NHW 5

Setelah malam ini kita mempelajari  tentang “Learning How to Learn”  maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil  sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini"

 Sebelum berlanjut ke NHW 5, saya ingin meringkas kembali NHW 1 - 4.

NHW 1 menulis tentang apa yang ingin saya pelajari dan bagaimana adab saya dalam mencari ilmu tersebut.

NHW 2 menulis tentang target yang kemudian akan menjadi rutinitas saya, sebagai diri saya sendiri, sebagai istri dan juga sebagai ibu.

NHW 3 menulis tentang alasan mengapa saya ada di dunia ini dan dilanjutkan dengan analisis SWOT.

NHW 4 menulis tentang milestone atau langkah langkah kecil menuju target target yang telah di tulis di NHW sebelumnya.

Dan di NHW ke 5 ini adalah menulis tentang bagaimana cara belajarnya.
Design pembelajaran adalah istilahnya. Secara harfiah design pembelajaran dapat diartikan sebagai cara atau metode belajar. Untuk mengetahui secara lanjut, saya mencoba untuk blogging.

Beberapa blog yang menjadi daftar pencarian saya diantaranya goldenfemale.wordpress.com, semangataction.blogspot.com, dan tentu saja wikipedia (rujuan paling mentok 😂)

Dari berbagai model design pembelajaran yang ada, saya tentu menyesuaikan dengan gaya belajar saya.

1. Memilih topic
Sebelum saya memulai untuk belajar,  hal terpenting setelah niat adalah topic. Menentukan apa yang akan saya pelajari. Ini berkaitan dengan NHW 4 yang saya tulis sebelumnya.

2. Mencari tau
Langkah selanjutnya adalah mencari informasi. Apa, bagaimana, siapa dan dimana saya bisa mendapat informasi tentang topic tersebut.

Media yang saya gunakan adalah buku, video, diskusi, sharing dengan sesama.
3.Menulis dan Mempraktekkan
4. Mengevaluasi
5. Mengulang Ulang

Next akan saya upload mapping design pembelajaran ala saya *nunggu kuota agak baikan 😂


Setelah memperoleh ilmu berdasarkan topic tersebut, saya biasa menulis di notes hp (next akan saya coba untuk menulis di buku), seriously problem kenapa gak nulis di buku adalah karena saya suka kehilangan pulpen 😑. Not a good reason.
Seberapa jauh saya memahami topic tersebut, saya biasanya mengajukan pertanyaan pertanyaan untuk diri sendiri, dan mecoba menjawab sepaham saya.























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 8 : Visual is Work

Pekan lalu saya sempat di buat panik oleh Azka, yang siang itu demam dan langsung step di sore harinya. Kemudian berakhir dengan opname selama 4 hari di rumah sakit. Ceritanya sedikit panjang, tetapi intinya adalah bagaimana saya menangani ketika Azka step. Ini pertama kalinya Azka step, saya tentu saja panik luar biasa. Bersyukur tetangga di depan rumah saya seorang perawat. Saya benar benar blank. Tetapi fungsi visual dan auditori saya tetap bekerja, alhamdulillah. Saya melihat bagaimana mba perawat melakukan pertolongan pertama ke Azka, dan itu benar benar saya praktekkan selama perjalanan ke rumah sakit yang berjalan 4 kilometer dari rumah saya. Bagaimana dia menjaga alur pernafasan Azka supaya tetap baik dan memberi ganjalan di mulut Azka yang semakin merekat erat. Alhamdulillah berlahan kondisi Azka membaik. #harike8 #Tantangan10hari #GameLevel4 #GayaBelajarAnak #kuliahBunSayIIP

[Bunda Salihah] : Identifikasi Masalah

Perkuliahan yang dibuka dengan proses identifikasi masalah membuat saya menilik perjalanan dalam setahun ke belakang. Pertengahan 2020 adalah babak kehidupan baru yang mengubah kondisi, bermula dari proses resign yang menggantikan peran publik menjadi domestik, lalu bulan berikutnya berpindah tempat tinggal ke pinggiran kota yang tidak terakses oleh natura publik yang sebelumnya kami nikmati. Tentu saya harus berbalik kesini untuk menegaskan apakah sebab akibat dari proses kehidupan itu sebagai masalah atau hanya sekedar proses adaptasi yang harus dinikmati. Maka, saya ingin menjabarkannya secara terperinci. 1. Apakah kehilangan sebagian besar penghasilan adalah masalah buat saya? 2. Apakah kehilangan ritme kerja yang teratur, makan siang yang santai, diskusi pekerjaan yang menarik, akhirnya menjadi masalah buat saya? 3. Apakah kesulitan menikmati Natura publik (baca : nge- gofood) menjadi masalah bagi saya? 4. Apakah perubahan status Ibu Rumah Tangga menjadi masalah bagi saya? 5. Apak...

Day 4 : Bermain di Car Free Day

Minggu pagi, seperti biasa ayah sering sekali melakukan jogging di Lapangan Merdeka dan biasanya mengajak Azka. Selain untuk melancarkan kemampuan berjalannya (Azka sedang senang senang nya belajar berjalan) dan berinteraksi dengan berbagai macam orang. Saya kurang memahami apakah kemampuan interaksi Azka (interpersonal) menurun dari kami, karena baik saya maupun suami bukan tipikal orang yang mudah berbaur, yang sebenarnya lebih senang berada di dalam rumah :). Tetapi saya tetap mengajak Azka ke tempat tempat keramaian agar tetap berinteraksi dengan sekitarnya. Meski Azka terkadang masih tetap asik sendiri, tetapi dia terlihat menikmati acara jalan jalannya :) #tantangan_hari_ke4 #kelasbunsayiip3 #game_level_3 #kami_bisa