Langsung ke konten utama

NHW 5 : Design Pembelajaran ala Saya



Inilah tugas di NHW 5

Setelah malam ini kita mempelajari  tentang “Learning How to Learn”  maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil  sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini"

 Sebelum berlanjut ke NHW 5, saya ingin meringkas kembali NHW 1 - 4.

NHW 1 menulis tentang apa yang ingin saya pelajari dan bagaimana adab saya dalam mencari ilmu tersebut.

NHW 2 menulis tentang target yang kemudian akan menjadi rutinitas saya, sebagai diri saya sendiri, sebagai istri dan juga sebagai ibu.

NHW 3 menulis tentang alasan mengapa saya ada di dunia ini dan dilanjutkan dengan analisis SWOT.

NHW 4 menulis tentang milestone atau langkah langkah kecil menuju target target yang telah di tulis di NHW sebelumnya.

Dan di NHW ke 5 ini adalah menulis tentang bagaimana cara belajarnya.
Design pembelajaran adalah istilahnya. Secara harfiah design pembelajaran dapat diartikan sebagai cara atau metode belajar. Untuk mengetahui secara lanjut, saya mencoba untuk blogging.

Beberapa blog yang menjadi daftar pencarian saya diantaranya goldenfemale.wordpress.com, semangataction.blogspot.com, dan tentu saja wikipedia (rujuan paling mentok 😂)

Dari berbagai model design pembelajaran yang ada, saya tentu menyesuaikan dengan gaya belajar saya.

1. Memilih topic
Sebelum saya memulai untuk belajar,  hal terpenting setelah niat adalah topic. Menentukan apa yang akan saya pelajari. Ini berkaitan dengan NHW 4 yang saya tulis sebelumnya.

2. Mencari tau
Langkah selanjutnya adalah mencari informasi. Apa, bagaimana, siapa dan dimana saya bisa mendapat informasi tentang topic tersebut.

Media yang saya gunakan adalah buku, video, diskusi, sharing dengan sesama.
3.Menulis dan Mempraktekkan
4. Mengevaluasi
5. Mengulang Ulang

Next akan saya upload mapping design pembelajaran ala saya *nunggu kuota agak baikan 😂


Setelah memperoleh ilmu berdasarkan topic tersebut, saya biasa menulis di notes hp (next akan saya coba untuk menulis di buku), seriously problem kenapa gak nulis di buku adalah karena saya suka kehilangan pulpen 😑. Not a good reason.
Seberapa jauh saya memahami topic tersebut, saya biasanya mengajukan pertanyaan pertanyaan untuk diri sendiri, dan mecoba menjawab sepaham saya.























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pecha Kucha Sesi 3

3 tim yang hadir dengan video Pecha Kucha yaitu: 1. Finansial ( https://youtu.be/Vc7qsQzasME ) Masing-masing slide tidak 20detik tepat dan total keseluruhan lebih dari 1 detik. Point 8 untuk kriteria ini. Penyampaian pesan jelas dan gamblang tapi ada slide yang masih seperti berbentuk flayer hingga pointnya 8. 2. Thama 01 ( https://youtu.be/oB5cqnch1OM ) Durasi videonya 6 menit 44 detik hingga saya beri point 8. Pesan tersampaikan dengan lugas dan jelas, mudah dipahami dengan baik hingga pointnya 10. 3. Jernih ( https://youtu.be/uASfblg70Kg ) Durasi video lebih dari 3 detik, yaitu 6 menit 43 detik. Hingga saya beri point 8. Pesan terdeliver  dengan baik, bahasa mudah dipahami dan gampang dicerna. Poinnya 10 untuk Jernih.

#NHW6 : Bukan Sekedar Menjadi Ibu

Setelah  Demi Masa.. Sesungguhnya manusia benar benar dalam kerugian Kecuali orang orang yang beriman dan beramal sholeh dan saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.. (QS Al-Ashr 1-3) Setiap kali mengingat tentang manajemen waktu, selalu diingatkan oleh surat Al-Ashr diatas, Surat yang sering dibaca dan belum dijalankan dengan maksimal. Menentukan prioritas emang seharusnya dilakukan ya, karena udah sering waktu berlalu dan diri masih ngerasa gini gini aja *jewer diri sendiri. Mari kita checklist... Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting Aktivitas Paling Penting : 1. Ibadah 2. Memasak dan beberes rumah 3. Mengejar milestone 0 KM Aktivitas paling tidak penting : 1. Scrolling medsos, stalking, cek ig Lambe Turah 2. Nonton drama korea  3. Leyeh leyeh, tidur kebanyakan. Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana? Hiks honestly banyak scrolling medsos ini paling berba...

Review Pecha Kucha Sesi 10

1. Gerakan Rumah Hijau ( https://youtu.be/BXtXVX8MgG0 ) Durasi video 6 menit 45 detik. Point untuk videonya 8. Pemaparan materinya bagus, kalimatnya jelas dan mudah dipahami. Point untuk presentasinya 10. 2. Monday ( https://youtu.be/ZwW14yXwhao ) Durasi video yang ditayangkan 6 menit 42 detik, point 8 untuk videonya. Sesuai dengan namanya, Project ini berfokus pada Aktivitas Pagi. Penyampaian pesan baik, bahasanya jelas dan mudah dipahami. Point 10 untuk presentasinya. 3. Magnetic ( https://youtu.be/OmUH-Qj11u4 ) Durasi video Kucha Pecha-nya 6 menit 40 detik hingga point untuk videonya 10. Pesan tersampaikan dengan baik, bahasanya mengalir dan runut, informasi dapat terserap oleh penonton. Point 10 untuk presentasinya. 4. Meat for All ( https://youtu.be/i3YZC9co0qw ) Durasi videonya 6 menit 41 detik hingga point untuk videonya adalah 8. Presentasi menggunakan bahasa Inggris, dengan intonasi dan bahasa yang baik sekali. Point untuk presentasinya adalah 10. 5. Rumah Qur...