Langsung ke konten utama

Challenge Super Chef Ibu Profesional

Challenge dari Diklat Pengurus Super Chef adalah meramu resep, diawali dengan membuat SWOT : Kekuatan, Keterbatasan, Peluang dan Tantangan.

Kami mendiskusikan disini

Berikut hasil diskusinya,

Kekuatan yang dimiliki IP Balikpapan Raya

⭐Konten dan kegiatan di media sosial Regional sering menjadi rujukan Regional lain.

⭐Beberapa member Regional kerap menjadi narasumber di acara IIP.

⭐Member memiliki beragam profesi yang bisa saling mengisi dan menjadi narasumber diskusi.

⭐Mencakup daerah yang cukup luas dengan segala keunikan geografisnya, dengan dua zona waktu yang berbeda, sehingga berpotensi untuk merekrut member baru sangat besar.

Keterbatasan yang dimiliki IP Balikpapan Raya


✍️ Jumlah member baru tidak berimbang dengan jumlah peran pengurus yang diperlukan sehingga agak sulit melakukan regenerasi pengurus.
✍️ Member memiliki kesibukan masing-masing sehingga yang kerap hadir dalam diskusi hanya orang tertentu saja.
✍️ Tidak semua member saling mengenal member lainnya.
✍️ Mayoritas member adalah perantau dengan tingkat mutasi yang cukup tinggi, selain itu beberapa member berdomisili di tempat yang jauh dari akses internet yang cukup menyulitkan untuk berkomunikasi.

Peluang yang dimiliki IP Balikpapan Raya


☑️ Sinergi dengan Regional lain, terutama pada topik-topik yang tidak dimiliki IP Balikpapan Raya.
☑️Menggiatkan lagi semangat berbagi, terutama pada member yang berpotensi.
☑️Melakukan kegiatan yang melibatkan serta merangkul semua member IP Balikpapan, sehingga setiap member akan mempunya 'sense of belonging' terhadap IP Balikpapan Raya.
☑️ Memaksimalkan media online untuk sinergi antar pengurus dan member.

Tantangan yang dihadapi IP Balikpapan Raya


💪Jumlah member aktif untuk setiap kegiatan adalah kurang dari 20 orang, dan seringkali member yang sama di semua komponen.
💪Jumlah member yang belum memahami New Chapter atau belum
mau belajar lewat FBG member masih banyak.
💪Banyak member yang sepertinya sudah ga ingin aktif di IP karena berbagai kesibukan, tapi enggan meninggalkan IP karena sebenarnya paham kalo kegiatan IP itu ga layak ditinggalkan, member masih banyak yang sungkan.


Kegiatan yang bisa dilakukan:


📝Kenal Lebih Dekat

Setiap member diberi kesempatan untuk mengenalkan dirinya sehingga semua member akan saling mengenal.


📝What's Your Potential

Setiap member diberi ruang untuk berbagi sesuai dengan potensi dan passionnya masing-masing.


📝Cerita seru dibalik panggung Ibu Profesional Balikpapan Raya

Sesi pengurus untuk menceritakan apa yang dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya dengan bahagia.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pecha Kucha Sesi 3

3 tim yang hadir dengan video Pecha Kucha yaitu: 1. Finansial ( https://youtu.be/Vc7qsQzasME ) Masing-masing slide tidak 20detik tepat dan total keseluruhan lebih dari 1 detik. Point 8 untuk kriteria ini. Penyampaian pesan jelas dan gamblang tapi ada slide yang masih seperti berbentuk flayer hingga pointnya 8. 2. Thama 01 ( https://youtu.be/oB5cqnch1OM ) Durasi videonya 6 menit 44 detik hingga saya beri point 8. Pesan tersampaikan dengan lugas dan jelas, mudah dipahami dengan baik hingga pointnya 10. 3. Jernih ( https://youtu.be/uASfblg70Kg ) Durasi video lebih dari 3 detik, yaitu 6 menit 43 detik. Hingga saya beri point 8. Pesan terdeliver  dengan baik, bahasa mudah dipahami dan gampang dicerna. Poinnya 10 untuk Jernih.

Review Pecha Kucha Sesi 4

Tim yang hadir di sesi 4 pada tanggal 21 Maret 2022 1. Sitarasmi ( https://youtu.be/OUlBkV5l9bk ) Video pertama yang durasinya justru kurang 3 detik, yaitu 6 menit 37 detik. Point 8 untuk video. Pemaparan pesan jelas dan mudah dipahami, point 10. 2. Tomorrow ( https://youtu.be/FLUWMCjdYRE ) Durasi sesuai, baik setiap slide maupun secara keseluruhan. Point 10 untuk videonya. Disampaikan dengan bahasa yang runut, lugas dan jelas. Juga point 10 untuk Tomorrow. 3. Rubii ( https://youtu.be/DmTe6ed7xwY ) Durasi videonya 6 menit 52 detik, juga kelebihan dari Pecha Kucha yang seharusnya. Point 8 untuk videonya. Pesan dan informasi juga tersampaikan dengan jelas, akan lebih bagus jika pandangan tetap mengarah ke kamera. Point 8 untuk Rubii.

[Bunda Salihah] : ApresiAKSI

Alhamdulillah materi ke-7 yaitu ApreAKSI akhirnya diberikan oleh Ibu setelah tertunda sepekan karena kesehatan Ibu yang sedang tidak baik. Materi kali ini adalah tentang apreAKSI, yang mengandung apresiasi, monitoring, evaluasi dan keputusan. 1. Social Impact ApreAKSI dimulai dengan membuat daftar pentingnya analisa dampak atas Aksi yang telah dilakukan oleh tim kami. Inilah alasan kami dalam membuat analisa dampak. 2. Theory of Change. Scale up is not growing our organization, it's growing our impact - Bill Dryton. Theory of change yang kami lakukan meliputi : Input : Biasanya merupakan kata benda, seperti materi , informasi dan pengetahuan yang tim butuhkan untuk melakukan aksi Activites : tugas yg akan dilakukan selama pelaksanaan aksi, lebih baik diungkakan dengan kata kerja ( melakukan, menyediakan, membuat, mengantarkan, mengajar, membuat) Output : dampak langsung yang akan ditimbulkan oleh aksi kita , lebih baik diungkan dengan kata kerja bentuk lam...