Langsung ke konten utama

[Bunda Salihah] : SMART dan Sumber Daya

Bismillah, pekan ini agenda kami adalah SMART dan Sumber Daya, kami diminta untuk menajamkan permasalahan secara SMART, apa itu? Yaitu Spesifik, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound.

Berikut hasil diskusi tim untuk membuat tujuan tim dengan SMART

Spesifik

  • Terselenggaranya Program TAFKO (Tahfidz for Kids Online) secara continue setiap per 8 pekan. Dengan komposisi 2 pekan persiapan, 4 pekan pelaksanaan, dan 2 pekan evaluasi dan apresiasi.
  • Terselenggaranya kegiatan TAFKO dengan konsep dan metode yang tidak membosankan untuk anak-anak, dan ada dokumentasinya untuk diolah baik menjadi video maupun tulisan sebagai portofolio TAFKO.
  • Seluruh anggota tim mengikuti seluruh kegiatan dengan aktif sesuai perannya dan hadir saat kegiatan berlangsung. Ada media untuk anggota tim agar bisa mengalirkan rasanya minimal 1 kali setiap pekan. Ini berguna sebagai portofolio Tim TAFKO.

Measurable
  • Informasi tentang TAFKO menyebar. Pendaftar minimal 30 orang. Maksimal sesuai kuota. 
  • Sebar form feedback untuk diisi anak dan orangtua setiap selesai kegiatan
  • Kehadiran peserta minimal 80% dari jumlah pendaftar setiap kegiatan
  • Semua anggota tim TAFKO antusias lillahi ta’ala mengikuti kegiatan. Komunikasi berjalan sehat.

Achievable
  • Seluruh anggota tim hadir di hari diskusi wajib. Kamis pukul 13.00. Jika tidak bisa di jam tersebut, berkabar dan tetap menanggapi di jam lain.
  • Dokumentasi kegiatan terekam dengan baik dalam berbagai bentuk, baik gambar, video, maupun narasi dari hasil olahan form feedback.
  • Selalu evaluasi dan apresiasi setiap kegiatan. Minimal setiap anggota tim ngebold  apa yang paling menarik, unik, lucu dari kegiatan yang baru berlangsung atau apa yang sangat perlu diperbaiki. Perhatikan komunikasi produktif agar masukan tetap membangun.
  • Time line kegiatan berjalan baik sesuai dengan miles stone

Relevant
  • Bagi anggota tim, kegiatan TAFKO diharapkan menjadi salah satu karya filantropi yang berkelanjutan. Sarana berkarya dan mengaktualisasikan diri dengan mengharap ridho Allah.
  • Bagi yang memiliki anak usia 5-12 tahun, ini bisa menjadi salah satu media untuk belajar bersama. Anak menghafal, orang tua mengikuti metodenya.
  • TAFKO diharapkan bisa menjadi circle main online anak.
  • Wadah setiap anggota TAFKO yang ingin menguatkan hafalan juz 30.
Time Bond
  • Harapannya peserta bisa hafal 1 surat setiap batch (4 pekan)







Setelah menyelesaian tujuan tim secara SMART, diskusi selanjutnya adalah membuat Golden Rule.

GOLDEN RULES

  1. Setiap anggota tim harus terlibat aktif dalam diskusi. Jangan menjadi silent reader. Jika belum bisa menanggapi di jam yang ditentukan, bisa menanggapi di jam onlinenya. Saat ada kendala, berkabar.
  2. Setiap anggota tim saling bekerjasama dan saling membantu mensukseskan kegiatan TAFKO. Selalu mengingat, bahwa setiap kebaikan, sekecil apapun, yang tidak terlihat manusia, Allah selalu lihat dan catat. Jangan lelah untuk selalu semangat membantu.
  3. Setiap anggota tim TAFKO adalah DUTA TAFKO, sehingga wajib membawa keluar nama TAFKO dengan baik.
  4. Hadir saat kegiatan TAFKO, jika tidak bisa, wajib berkabar dan mendelegasikan tugas dengan baik kepada penggantinya.
  5. Jika ada perselisihan diantara anggota, wajib tabayyun.
  6. Setiap anggota tim wajib menaati keputusan yang sudah diambil. 
  7. Anggota tim yang ingin cuti, istirahat, atau mengundurkan diri, wajib mengikuti prosedur yang berlaku.


Exit procedure juga dibuat, jika anggota tim ingin mengundurkan diri, istirahat, cuti ataupun mau bergabung bersama tim.

EXIT PROCEDUR

  • Menghubungi leader TAFKO.
  • Mengisi form pengunduran diri di bagian administrasi.
  • Serah terima kepada pengganti yang ditunjuk.
  • Mengucapkan salam perpisahan di grup dan left grup TAFKO.

Jika ada yang ingin bergabung dengan tim:
  • Lapor ke leader.
  • Leader mendiskusikan kesesuaian kebutuhan tim di grup.
  • Mengisi form pendaftaran.
  • Diinvite ke grup TAFKO. 

Dan yang terakhir adalah membuat milestone secara mendetail, milestonenya sebagai berikut:

Miles Stone TAFKO

30 Agustus 2021 -02 September 2021 : Diskusi grup, persiapan kelas baru. Fiksasi kuota peserta, fiksasi fasilitator, fiksasi run down kegiatan, membuat grafis pendaftaran, membuat form pendaftaran, dll sesuai peran.

03-04 September 2021 :  Gladi kegiatan TAFKO via zoom. 

07-11 September 2021 : Sosialisasi pendaftaran di media medsos

13-15 September 2021 : Olah data, pembentukan grup

16 September 2021         : Pembukaan grup dan perkenalan

18 September 2021         : Kelas TAFKO perdana

19 September 2021         : Kelas TAFKO ke-dua

23 September 2021         : Pembelajaran TAFKO di whatsapp. Baik berupa video, maupun gambar dan narasi. Materinya menyesuaikan bisa untuk anak maupun orang tua. Misal, tentang makharijul huruf, tentang bermain sambil menghafal, tentang parenting, tentang lainnya. Silahkan tim TAFKO jadi narsumnya. Jam menyesuaikan dengan narsum.

25 September 2021         : Kelas TAFKO ke-tiga

26 September 2021         : Kelas TAFKO ke-empat

30 September 2021         : Kelas Whatsapp ke-dua

02 Oktober 2021 : Kelas TAFKO ke-lima

03 Oktober 2021 : Kelas TAFKO ke-enam

07 Oktober 2021 : Kelas whatsapp ke-tiga

09 Oktober 2021 : Kelas TAFKO ke-tujuh

10 Oktober 2021 : Kelas TAFKO ke-delapan 

14 Oktober 2021         : Gebyar Penutupan (High Ending Energy)

15-17 Oktober 2021 : Apresiasi internal (False Celebration)

Milestone dibuat untuk satu batch dahulu, bulan November - Desember akan dibuat setelah mengevaluasi batch sebelumnya.


Resource yang dimiliki tim kami dengan pemetaan soft dan hard skill, detailnya ada  disini dan disini


#smartgoalsdansumberdaya 

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#semestaberkaryauntukindonesia

#ibuprofesionaluntukindonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pecha Kucha Sesi 3

3 tim yang hadir dengan video Pecha Kucha yaitu: 1. Finansial ( https://youtu.be/Vc7qsQzasME ) Masing-masing slide tidak 20detik tepat dan total keseluruhan lebih dari 1 detik. Point 8 untuk kriteria ini. Penyampaian pesan jelas dan gamblang tapi ada slide yang masih seperti berbentuk flayer hingga pointnya 8. 2. Thama 01 ( https://youtu.be/oB5cqnch1OM ) Durasi videonya 6 menit 44 detik hingga saya beri point 8. Pesan tersampaikan dengan lugas dan jelas, mudah dipahami dengan baik hingga pointnya 10. 3. Jernih ( https://youtu.be/uASfblg70Kg ) Durasi video lebih dari 3 detik, yaitu 6 menit 43 detik. Hingga saya beri point 8. Pesan terdeliver  dengan baik, bahasa mudah dipahami dan gampang dicerna. Poinnya 10 untuk Jernih.

#NHW6 : Bukan Sekedar Menjadi Ibu

Setelah  Demi Masa.. Sesungguhnya manusia benar benar dalam kerugian Kecuali orang orang yang beriman dan beramal sholeh dan saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.. (QS Al-Ashr 1-3) Setiap kali mengingat tentang manajemen waktu, selalu diingatkan oleh surat Al-Ashr diatas, Surat yang sering dibaca dan belum dijalankan dengan maksimal. Menentukan prioritas emang seharusnya dilakukan ya, karena udah sering waktu berlalu dan diri masih ngerasa gini gini aja *jewer diri sendiri. Mari kita checklist... Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting Aktivitas Paling Penting : 1. Ibadah 2. Memasak dan beberes rumah 3. Mengejar milestone 0 KM Aktivitas paling tidak penting : 1. Scrolling medsos, stalking, cek ig Lambe Turah 2. Nonton drama korea  3. Leyeh leyeh, tidur kebanyakan. Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana? Hiks honestly banyak scrolling medsos ini paling berba...

Review Pecha Kucha Sesi 10

1. Gerakan Rumah Hijau ( https://youtu.be/BXtXVX8MgG0 ) Durasi video 6 menit 45 detik. Point untuk videonya 8. Pemaparan materinya bagus, kalimatnya jelas dan mudah dipahami. Point untuk presentasinya 10. 2. Monday ( https://youtu.be/ZwW14yXwhao ) Durasi video yang ditayangkan 6 menit 42 detik, point 8 untuk videonya. Sesuai dengan namanya, Project ini berfokus pada Aktivitas Pagi. Penyampaian pesan baik, bahasanya jelas dan mudah dipahami. Point 10 untuk presentasinya. 3. Magnetic ( https://youtu.be/OmUH-Qj11u4 ) Durasi video Kucha Pecha-nya 6 menit 40 detik hingga point untuk videonya 10. Pesan tersampaikan dengan baik, bahasanya mengalir dan runut, informasi dapat terserap oleh penonton. Point 10 untuk presentasinya. 4. Meat for All ( https://youtu.be/i3YZC9co0qw ) Durasi videonya 6 menit 41 detik hingga point untuk videonya adalah 8. Presentasi menggunakan bahasa Inggris, dengan intonasi dan bahasa yang baik sekali. Point untuk presentasinya adalah 10. 5. Rumah Qur...