Langsung ke konten utama

Bunda Salihah : Umpan Balik SMART dan Sumber Daya

Bismillah, review buddy saya pekan ini adalah mba Arista dari IP Malang yang gercep duluan menghubungi saya, setelah sebelumnya -biasanya- saya duluan yang menghubungi buddy :D

Dan baiknya mba Arista, bukan hanya ngasih link jurnalnya tapi juga sekalian ngasih templete pengisian review. Terdabest memang!!

Mba Arista dan timnya merumuskan tujuan Sadar Emosi benar-benar dengan cara yang SMART.  Mulai dari yang Spesifik apa yang ingin dicapai, yaitu meningkatkan ketahanan keluarga Indonesia dengan psikoedukasi kesehatan mental , mengapa hal itu penting karena kesehatan mental sangat penting, siapa saja yang terlibat yaitu seluruh anggota tim dan kapan akan dilakukan yaitu di IG sejak Oktober 2021. Kemudian Measurable, ada 3 indikator yang ditetapkan oleh mba Arista dan tim yang akan menentukan apakah tujuan itu berhasil atau tidak, indikatornya berupa postingan IG, engagment dan 10.000 follower . Lalu Achieveable-nya adalah cara yang paling realistis bagaimana tujuan itu tercapai, mba Arista menyebutkan akan melakukan 2 hal yaitu membuat planning konten serta event. Setelahnya ada Relevant, apakah tujuan tersebut selaras dengan tujuan dari masing-masing tim, terakhir adalah target Timebond, kapan tujuan itu akan direalisasikan, mba Arista menetapkannya selama setahun kedepan, Oktober 2022.





Golden Rules yang dibuat oleh mba Arista cukup singkat dan padat, terdiri dari 3 hal penting : asertif, konflik dalam tim harus segera diselesaikan dan tidak memendam unek-unek sendiri.

Begitu pun dengan Exit Procedure yang terdiri dari 3 point : Mengemukakan alasan, persetujuan all team dan handover tugas dan kewajiban (kecuali force majeure).

Resource yang dimiliki tim pun sudah dibagi sesuai dengan peran dan posisinya masing-masing, tetapi akan memerlukan resource berupa relation dan networking karena belum terpenuhi.




Milestone dibuat berdasarkan cawu, per empat bulanan, dari cawu 1 sampai cawu 3, akan lebih baik jika dibuatkan rentang waktunya agar lebih spesifik, misalnya cawu 1 dimulai dari Oktober 2021 - Januari 2022.



Overall keseluruhan jurnal mba Arista sudah cukup baik, ditunggu realisasinya ya mba 🌹

Tetap semangat ^^


#umpanbaliksmartgoalsdansumberdaya 

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#semestaberkaryauntukindonesia

#ibuprofesionaluntukindonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pecha Kucha Sesi 3

3 tim yang hadir dengan video Pecha Kucha yaitu: 1. Finansial ( https://youtu.be/Vc7qsQzasME ) Masing-masing slide tidak 20detik tepat dan total keseluruhan lebih dari 1 detik. Point 8 untuk kriteria ini. Penyampaian pesan jelas dan gamblang tapi ada slide yang masih seperti berbentuk flayer hingga pointnya 8. 2. Thama 01 ( https://youtu.be/oB5cqnch1OM ) Durasi videonya 6 menit 44 detik hingga saya beri point 8. Pesan tersampaikan dengan lugas dan jelas, mudah dipahami dengan baik hingga pointnya 10. 3. Jernih ( https://youtu.be/uASfblg70Kg ) Durasi video lebih dari 3 detik, yaitu 6 menit 43 detik. Hingga saya beri point 8. Pesan terdeliver  dengan baik, bahasa mudah dipahami dan gampang dicerna. Poinnya 10 untuk Jernih.

Review Pecha Kucha Sesi 4

Tim yang hadir di sesi 4 pada tanggal 21 Maret 2022 1. Sitarasmi ( https://youtu.be/OUlBkV5l9bk ) Video pertama yang durasinya justru kurang 3 detik, yaitu 6 menit 37 detik. Point 8 untuk video. Pemaparan pesan jelas dan mudah dipahami, point 10. 2. Tomorrow ( https://youtu.be/FLUWMCjdYRE ) Durasi sesuai, baik setiap slide maupun secara keseluruhan. Point 10 untuk videonya. Disampaikan dengan bahasa yang runut, lugas dan jelas. Juga point 10 untuk Tomorrow. 3. Rubii ( https://youtu.be/DmTe6ed7xwY ) Durasi videonya 6 menit 52 detik, juga kelebihan dari Pecha Kucha yang seharusnya. Point 8 untuk videonya. Pesan dan informasi juga tersampaikan dengan jelas, akan lebih bagus jika pandangan tetap mengarah ke kamera. Point 8 untuk Rubii.

[Bunda Salihah] : ApresiAKSI

Alhamdulillah materi ke-7 yaitu ApreAKSI akhirnya diberikan oleh Ibu setelah tertunda sepekan karena kesehatan Ibu yang sedang tidak baik. Materi kali ini adalah tentang apreAKSI, yang mengandung apresiasi, monitoring, evaluasi dan keputusan. 1. Social Impact ApreAKSI dimulai dengan membuat daftar pentingnya analisa dampak atas Aksi yang telah dilakukan oleh tim kami. Inilah alasan kami dalam membuat analisa dampak. 2. Theory of Change. Scale up is not growing our organization, it's growing our impact - Bill Dryton. Theory of change yang kami lakukan meliputi : Input : Biasanya merupakan kata benda, seperti materi , informasi dan pengetahuan yang tim butuhkan untuk melakukan aksi Activites : tugas yg akan dilakukan selama pelaksanaan aksi, lebih baik diungkakan dengan kata kerja ( melakukan, menyediakan, membuat, mengantarkan, mengajar, membuat) Output : dampak langsung yang akan ditimbulkan oleh aksi kita , lebih baik diungkan dengan kata kerja bentuk lam...