Langsung ke konten utama

Belajar yang Gue Banget ...


Pekan ketiga : Tentang cara belajar yang gue banget ...

Kenapa harus belajar? Agar kita ber-ilmu, lalu ilmu akan menyokong keterampilan yang kita miliki. Semakin banyak ilmu yang kita miliki, semakin terampil kita memanajemen diri.

BAiklah, mari sekarang kita belajar mencari ilmu yang akan mendukung keterampilan-keterampilan yang telah kita sukai, yang telah kita jadikan prioritas seperti yang sudah ditulis di pekan sebelumnya.

Pertama, tentukan tujuan kita belajar?
Sebagai seorang Muslim, mari kita niatkan belajar untuk mencari RidhoNya, lalu tujuan saya belajar selanjutnya adalah : Agar saya semakin fokus dan konsisten, tidak mudah terdistract dengan gangguan-gannguan kecil (apalagi gangguan besar ya). Agar hidup bukan sekedar ngabisin umur :D

Kedua, mau paka sumber ilmu apa?
Sangat banyak sekali sumber ilmu yang bisa dipakai, bahkan dengan hanya menggeser layar smartphone kita bisa memperoleh ilmu. Yang pertama tetap buku, blog, jurnal, atau bahkan status orang bisa jadi media pembelajaran

Ketiga, jadi ilmu apa saja yang bisa menopang keterampilan?
Ilmu parenting, ilmu self control, ilmu literasi, ilmu financial termasuk ilmu management waktu

Keempat, bagaimana cara belajarnya?
Membaca, membaca, membaca. Banyak-banyak baca (kebetulan saya juga suka sekali membaca)
Menulis kembali (hehe ini masih on off semangat nulisnya)
Kemudian dipraktekkan.












#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi1
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pecha Kucha Sesi 3

3 tim yang hadir dengan video Pecha Kucha yaitu: 1. Finansial ( https://youtu.be/Vc7qsQzasME ) Masing-masing slide tidak 20detik tepat dan total keseluruhan lebih dari 1 detik. Point 8 untuk kriteria ini. Penyampaian pesan jelas dan gamblang tapi ada slide yang masih seperti berbentuk flayer hingga pointnya 8. 2. Thama 01 ( https://youtu.be/oB5cqnch1OM ) Durasi videonya 6 menit 44 detik hingga saya beri point 8. Pesan tersampaikan dengan lugas dan jelas, mudah dipahami dengan baik hingga pointnya 10. 3. Jernih ( https://youtu.be/uASfblg70Kg ) Durasi video lebih dari 3 detik, yaitu 6 menit 43 detik. Hingga saya beri point 8. Pesan terdeliver  dengan baik, bahasa mudah dipahami dan gampang dicerna. Poinnya 10 untuk Jernih.

Review Pecha Kucha Sesi 4

Tim yang hadir di sesi 4 pada tanggal 21 Maret 2022 1. Sitarasmi ( https://youtu.be/OUlBkV5l9bk ) Video pertama yang durasinya justru kurang 3 detik, yaitu 6 menit 37 detik. Point 8 untuk video. Pemaparan pesan jelas dan mudah dipahami, point 10. 2. Tomorrow ( https://youtu.be/FLUWMCjdYRE ) Durasi sesuai, baik setiap slide maupun secara keseluruhan. Point 10 untuk videonya. Disampaikan dengan bahasa yang runut, lugas dan jelas. Juga point 10 untuk Tomorrow. 3. Rubii ( https://youtu.be/DmTe6ed7xwY ) Durasi videonya 6 menit 52 detik, juga kelebihan dari Pecha Kucha yang seharusnya. Point 8 untuk videonya. Pesan dan informasi juga tersampaikan dengan jelas, akan lebih bagus jika pandangan tetap mengarah ke kamera. Point 8 untuk Rubii.

[Bunda Salihah] : ApresiAKSI

Alhamdulillah materi ke-7 yaitu ApreAKSI akhirnya diberikan oleh Ibu setelah tertunda sepekan karena kesehatan Ibu yang sedang tidak baik. Materi kali ini adalah tentang apreAKSI, yang mengandung apresiasi, monitoring, evaluasi dan keputusan. 1. Social Impact ApreAKSI dimulai dengan membuat daftar pentingnya analisa dampak atas Aksi yang telah dilakukan oleh tim kami. Inilah alasan kami dalam membuat analisa dampak. 2. Theory of Change. Scale up is not growing our organization, it's growing our impact - Bill Dryton. Theory of change yang kami lakukan meliputi : Input : Biasanya merupakan kata benda, seperti materi , informasi dan pengetahuan yang tim butuhkan untuk melakukan aksi Activites : tugas yg akan dilakukan selama pelaksanaan aksi, lebih baik diungkakan dengan kata kerja ( melakukan, menyediakan, membuat, mengantarkan, mengajar, membuat) Output : dampak langsung yang akan ditimbulkan oleh aksi kita , lebih baik diungkan dengan kata kerja bentuk lam...