Langsung ke konten utama

Bunda Salihah : Umpan Balik Aksi Untuk Solusi

Alhamdulillah setelah selesai ikut berpartisipasi dalam Kongres Ibu Pembaharu, kini saatnya beranjak ke Buddy Review.

Pekan ini buddy review saya adalah mba Tia Martiana dari IP Tangerang Selatan, meski sempat berbalas pesan saling mengenal pekan lalu tetapi obrolan tidak berlanjut ke link jurnal, mungkin baik saya maupun mba Tia sedang terfokuskan pada persiapan Kongres Ibu Pembaharu, akhirnya saya pun membuat jurnal buddy review ini dengan mengambil link jurnal dari data yang disediakan tim BunSal.

Mba Tia merupakan anggota tim ManDeka yang berkonsentrasi menyajikan pembelajaran mandiri di era pandemi dengan membuat konten edukasi. Dan Aksi pertama dari tim mba Tia adalah membuat konten bertema hujan.



Mba Tia dan timnya berupaya untuk melaksanakan project pertamanya dengan mengupayakan banyak hal, pertama dengan mendiskusikannya di zoom meeting, kemudian membuat list hal-hal yang diperlukan dalam merealisasikan aksinya. Salah satu yang diperlukan adalah pelatihan copy writing dan mba Tia langsung mengikuti pelatihan copy writing yang diselenggarakan oleh Seruni. 

Gantt Chart juga dibuat oleh mba Tia dan tim berdasarkan pemetaan peran yang sesuai dengan keahlian yang dikuasai.

Mba Tia dan tim juga sudah menyusun To di List dan Agenda yang akan menjadi panduan dalam menjalankan Aksi, beberapa to do list-nya juga sudah selesai dikerjakan.



Tool management yang digunakan untuk memonitor Aksi mba Tia dan tim adalah Discord tetapi baru sebatas mengenal, belum dipergunakan secara efektif.




Semangat untuk tim ManDeka.


#sistemumpanbalikmateri6

#aksiuntuksolusi

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#semestakaryauntukindonesia

#ibuprofesionaluntukindonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pecha Kucha Sesi 3

3 tim yang hadir dengan video Pecha Kucha yaitu: 1. Finansial ( https://youtu.be/Vc7qsQzasME ) Masing-masing slide tidak 20detik tepat dan total keseluruhan lebih dari 1 detik. Point 8 untuk kriteria ini. Penyampaian pesan jelas dan gamblang tapi ada slide yang masih seperti berbentuk flayer hingga pointnya 8. 2. Thama 01 ( https://youtu.be/oB5cqnch1OM ) Durasi videonya 6 menit 44 detik hingga saya beri point 8. Pesan tersampaikan dengan lugas dan jelas, mudah dipahami dengan baik hingga pointnya 10. 3. Jernih ( https://youtu.be/uASfblg70Kg ) Durasi video lebih dari 3 detik, yaitu 6 menit 43 detik. Hingga saya beri point 8. Pesan terdeliver  dengan baik, bahasa mudah dipahami dan gampang dicerna. Poinnya 10 untuk Jernih.

Review Pecha Kucha Sesi 4

Tim yang hadir di sesi 4 pada tanggal 21 Maret 2022 1. Sitarasmi ( https://youtu.be/OUlBkV5l9bk ) Video pertama yang durasinya justru kurang 3 detik, yaitu 6 menit 37 detik. Point 8 untuk video. Pemaparan pesan jelas dan mudah dipahami, point 10. 2. Tomorrow ( https://youtu.be/FLUWMCjdYRE ) Durasi sesuai, baik setiap slide maupun secara keseluruhan. Point 10 untuk videonya. Disampaikan dengan bahasa yang runut, lugas dan jelas. Juga point 10 untuk Tomorrow. 3. Rubii ( https://youtu.be/DmTe6ed7xwY ) Durasi videonya 6 menit 52 detik, juga kelebihan dari Pecha Kucha yang seharusnya. Point 8 untuk videonya. Pesan dan informasi juga tersampaikan dengan jelas, akan lebih bagus jika pandangan tetap mengarah ke kamera. Point 8 untuk Rubii.

[Bunda Salihah] : ApresiAKSI

Alhamdulillah materi ke-7 yaitu ApreAKSI akhirnya diberikan oleh Ibu setelah tertunda sepekan karena kesehatan Ibu yang sedang tidak baik. Materi kali ini adalah tentang apreAKSI, yang mengandung apresiasi, monitoring, evaluasi dan keputusan. 1. Social Impact ApreAKSI dimulai dengan membuat daftar pentingnya analisa dampak atas Aksi yang telah dilakukan oleh tim kami. Inilah alasan kami dalam membuat analisa dampak. 2. Theory of Change. Scale up is not growing our organization, it's growing our impact - Bill Dryton. Theory of change yang kami lakukan meliputi : Input : Biasanya merupakan kata benda, seperti materi , informasi dan pengetahuan yang tim butuhkan untuk melakukan aksi Activites : tugas yg akan dilakukan selama pelaksanaan aksi, lebih baik diungkakan dengan kata kerja ( melakukan, menyediakan, membuat, mengantarkan, mengajar, membuat) Output : dampak langsung yang akan ditimbulkan oleh aksi kita , lebih baik diungkan dengan kata kerja bentuk lam...