Langsung ke konten utama

Zona Growth Pekan 3

Bismillah 

Pekan ketiga dari zona growth adalah tentang tools  dalam peningkatan produktivitas.


Metode yang digunakan adalah metode Six Thinking Hats

Metode  Enam Topi Berpikir yang dipopulerkan oleh Edward de Bono ini menyajikan enam cara berbeda untuk mendekati suatu tantangan. Dengan cara ini tim kita akan dapat menyelesaikan tantangan dari berbagai sudit pandang kritis. 

1. Kita menggunakan topi biru terlebih dahulu. Untuk menentukan apa tantangan kita saat ini? Tujuan apa yang akan kita capai?

2. Kita menggunakan topi putih. Kita akan mengumpulkan data dan fakta pendukung yang ada. Informasi apa saja yang sudah didapatkan berdasarkan data dan fakta, tidak lagi menggunakan "katanya...".

3. Kita menggunakan topi hijau. Pikirkan solusi sebanyak-banyaknya. Alternatif apa yang dapat kita ambil meski rasanya mustahil atau aneh. Biarkan idenya mengalir. Paksakan otak kita menghasilkan ide dan tuliskan ide tersebut. Tidak ada yang tidak mungkin di topi hijau. Selama ini kita merasa tidak punya ide karena kita membatasi pikiran kita. 

4. Kita menggunakan topi kuning. Tentukan manfaat, values, dan kelebihan dari ide-ide yang telah kita dapatkan. Ide A kira-kira manfaatnya apa ya? Ide B kira-kira breaking the values atau nggak ya? Ide C manfaatnya apa ya? 

5. Kita menggunakan topi hitam. Tentukan kekurangan dari ide tersebut. Sertai dengan pertanyaan, "Bagaimana cara agar kekurangan dari ide tersebut dapat dicegah atau ditanggulangi?" Jangan hanya mengulik kekurangannya saja. 

6. Kita menggunakan topi merah. Tanpa memperhatikan fakta dan data, bagaimana perasaan atau feeling kita terhadap ide tersebut? Seringkali kenyataan tidak seperti fakta yang ada. Feeling kita membantu memperkuat kita dalam mengambil keputusan. 

Terakhir, Action Item!

Kita gunakan kembali topi biru untuk memilih 3 solusi terbaik. Tentukan satu yang terbaik dari 3 alternatif tersebut. Ambil keputusan dan langsung tulis action itemnya di Worksheet Tim. Tanpa action item, ide sebagus apapun akan percuma. Maka setiap kali sudah brainstorming, maka harus diclose dengan action item.


Dan dibawah adalah hasil diskusi kami terhadap Six Thinking Hat serta Action Item-nya.



Six Thinking Hat Pribadi

Six Thinking Hat Cohouse

Action Item Cohouse


#HexagonCity

#Hexagonia

#ZonaG

#PerkuliahanBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pecha Kucha Sesi 3

3 tim yang hadir dengan video Pecha Kucha yaitu: 1. Finansial ( https://youtu.be/Vc7qsQzasME ) Masing-masing slide tidak 20detik tepat dan total keseluruhan lebih dari 1 detik. Point 8 untuk kriteria ini. Penyampaian pesan jelas dan gamblang tapi ada slide yang masih seperti berbentuk flayer hingga pointnya 8. 2. Thama 01 ( https://youtu.be/oB5cqnch1OM ) Durasi videonya 6 menit 44 detik hingga saya beri point 8. Pesan tersampaikan dengan lugas dan jelas, mudah dipahami dengan baik hingga pointnya 10. 3. Jernih ( https://youtu.be/uASfblg70Kg ) Durasi video lebih dari 3 detik, yaitu 6 menit 43 detik. Hingga saya beri point 8. Pesan terdeliver  dengan baik, bahasa mudah dipahami dan gampang dicerna. Poinnya 10 untuk Jernih.

Review Pecha Kucha Sesi 4

Tim yang hadir di sesi 4 pada tanggal 21 Maret 2022 1. Sitarasmi ( https://youtu.be/OUlBkV5l9bk ) Video pertama yang durasinya justru kurang 3 detik, yaitu 6 menit 37 detik. Point 8 untuk video. Pemaparan pesan jelas dan mudah dipahami, point 10. 2. Tomorrow ( https://youtu.be/FLUWMCjdYRE ) Durasi sesuai, baik setiap slide maupun secara keseluruhan. Point 10 untuk videonya. Disampaikan dengan bahasa yang runut, lugas dan jelas. Juga point 10 untuk Tomorrow. 3. Rubii ( https://youtu.be/DmTe6ed7xwY ) Durasi videonya 6 menit 52 detik, juga kelebihan dari Pecha Kucha yang seharusnya. Point 8 untuk videonya. Pesan dan informasi juga tersampaikan dengan jelas, akan lebih bagus jika pandangan tetap mengarah ke kamera. Point 8 untuk Rubii.

[Bunda Salihah] : ApresiAKSI

Alhamdulillah materi ke-7 yaitu ApreAKSI akhirnya diberikan oleh Ibu setelah tertunda sepekan karena kesehatan Ibu yang sedang tidak baik. Materi kali ini adalah tentang apreAKSI, yang mengandung apresiasi, monitoring, evaluasi dan keputusan. 1. Social Impact ApreAKSI dimulai dengan membuat daftar pentingnya analisa dampak atas Aksi yang telah dilakukan oleh tim kami. Inilah alasan kami dalam membuat analisa dampak. 2. Theory of Change. Scale up is not growing our organization, it's growing our impact - Bill Dryton. Theory of change yang kami lakukan meliputi : Input : Biasanya merupakan kata benda, seperti materi , informasi dan pengetahuan yang tim butuhkan untuk melakukan aksi Activites : tugas yg akan dilakukan selama pelaksanaan aksi, lebih baik diungkakan dengan kata kerja ( melakukan, menyediakan, membuat, mengantarkan, mengajar, membuat) Output : dampak langsung yang akan ditimbulkan oleh aksi kita , lebih baik diungkan dengan kata kerja bentuk lam...