Langsung ke konten utama

Zona Agility

 Bismillah

Setelah liburan akhir tahun, maka terbitlah WA grup baru 😄

Ini zona Agility, yang bekalnya sudah diberikan sebelum liburan.

Jika sebelumnya kami hanya fokus dengan co housing masing-masing, fokus dengan project passion sendiri-sendiri. Maka di zona Agility ini kami wajib kudu bersinergi dengan tetangga cluster. Iya, lingkupnya diperluas lagi maka timbulnya grup baru yang tiap menitnya ratusan chat muncul.

Saya, yang pada mulanya sudah nyaman dengan teman-teman yang memang 'satu kepala' maka harus segera beradaptif dengan teman-teman satu cluster yang 'beda kepala'

Dan memulai zona Agility ini dengan melakukan jurnal Agility pribadi, dimana kita kembali diminta merivew kembali yang telah kita lakukan sebelumnya dan apa peran yang kita ambil dan bisa kita bagikan ke cohousing dan cluster.


Lalu di jurnal Agility cohousing kami mendiskusikan tentang master mind yaitu apa saja kesuksesan di pekan ini? Apa yang menjadi kunci suksesnya? Lalu, mau sukses apa berikutnya?

Kami sepakat bahwa, keberhasilan kami dipekan ini adalah :

✅ Pembuatan Ebook Co Housing Finansial yang berisi 8 artikel telah selesai dikumpulkan, sedang dalam proses review dan finalisasi desain

✅ Video terkait keuangan keluarga dan pajak telah selesai dibuat

Kunci suksesnya adalah:

✅ Komitmen seluruh anggota tim dengan tujuan co house

✅ Kontribusi dan peran aktif semua co housing

✅ Masing-masing anggota sigap dalam mengambil peran.

✅ Saling mengingatkan dan menyemangati satu sama lain

✅ Mau belajar hal-hal baru seperti canva dan video editing


Dan kesuksesan berikutnya yang akan kami lakukan berupa:

✅ Membantu orang lain mendefinisikan tujuan keuangannya, membuat budget dan mencatat pengeluaran (untuk konsultasi)

✅ Membantu meng-analisa kondisi keuangan orang lain (hexagonia) serta memberikan solusi atas permasalahan pengelolaan finansial yang dihadapi

✅ Memberikan masukan terkait aplikasi keuangan (gratis) yang bisa digunakan untuk orang lain (Hexagonia)

✅ Progress Project Passion sesuai Milestone atau lebih cepat.


Selain itu, di cohouse kami juga melakukan false celebration, yaitu:

FALSE CELEBRATION

1. Apa saja kesalahan yang dilakukan

✅ Masih suka mepet deadline dalam menyelesaikan tugas

✅ Belum berhasil manajemen waktu dan gadget. Kandang waktu belum maksimal dilakukan

✅ Sulit konsisten dengan waktu diskusi bersama co housing 

✅ Merasa semua informasi penting

2. Belajar apa dari kesalahan tersebut

✅ Harus rajin mereview aktivitas penting dan mendesak  

✅ Membuat pareto dan membuang aktivitas yang waste-time

✅ Meningkatkan self control

✅ Mematuhi timeline yang telah disepakati

3. Perubahan apa yang ingin dilakukan

✅ Sedang berlatih teknik pomodoro dan bullet jurnal biar lebih mindfull dalam menjalankan aktivitas

✅ Belajar konsisten menerapkan manajemen waktu, konsisten dengan To Do list yang telah dibuat sesuai pareto

✅ Belajar manajemen waktu, pareto aktivitas, self control dan self awareness

✅ Mengerjakan project passion lebih fokus dan efektif


Hari Rabu diskusi kami di cluster sudah selesai, dan dijadwalkan hari Kamis-Jum'at kami akan memulai berdiskusi di cluster.

Dan ternyata diskusi di cluster lebih alot, padat dan merayap. 66 orang saling berbagi ide itu luar biasa, arus informasinya bergulir sangat cepat dan menyebabkan saya melipir menepi di akhir hari Kamis dan qodarullah juga si kakak mulai terserang demam.

Diskusi di Cluster tentang Cluster Analys dengan membuat 2 kriteria kesuksesan, mengidentifikasi kriteria tersebut dan menempatkan masing-masing cohouse di kuadran kriteria tersebut.

Kriteria kesuksesannya yaitu:

Kriteria A

>> Lower Kriteria 

- PP berjalan sesuai milestone


>> Higher Kriteria

- Extramiles


Kriteria B

>> Lower Kriteria

- Member terlibat aktif dalam PP cohos

>> Higher Kriteria

- Setiap cohousing saling mendukung kesuksesan cohousing lain dalam satu cluster.

Kemudian, kami mendiskusikan dimana letak cohouse kami masing-masing di kuadran yang tersedia berdasarkan kriteria tersebut.

Diskusi cluster masih berlanjut tentang menvalidasi hal yang benar-benar penting, perubahan yang terjadi dalam prioritas, menetapkan prioritas dan tujuan berikutnya, menentukan tim sukses yang diperlukan dan tim sukses yang akan memberikan bantuan untuk mensukseskan project passion.



Lembar Pribadi
Lembar Cohousing


Lembar Cluster


#HexagonCity
#Hexagonia
#ZonaAgility
#kuliahbundaproduktif
#institutibuprofesional


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pecha Kucha Sesi 3

3 tim yang hadir dengan video Pecha Kucha yaitu: 1. Finansial ( https://youtu.be/Vc7qsQzasME ) Masing-masing slide tidak 20detik tepat dan total keseluruhan lebih dari 1 detik. Point 8 untuk kriteria ini. Penyampaian pesan jelas dan gamblang tapi ada slide yang masih seperti berbentuk flayer hingga pointnya 8. 2. Thama 01 ( https://youtu.be/oB5cqnch1OM ) Durasi videonya 6 menit 44 detik hingga saya beri point 8. Pesan tersampaikan dengan lugas dan jelas, mudah dipahami dengan baik hingga pointnya 10. 3. Jernih ( https://youtu.be/uASfblg70Kg ) Durasi video lebih dari 3 detik, yaitu 6 menit 43 detik. Hingga saya beri point 8. Pesan terdeliver  dengan baik, bahasa mudah dipahami dan gampang dicerna. Poinnya 10 untuk Jernih.

Review Pecha Kucha Sesi 4

Tim yang hadir di sesi 4 pada tanggal 21 Maret 2022 1. Sitarasmi ( https://youtu.be/OUlBkV5l9bk ) Video pertama yang durasinya justru kurang 3 detik, yaitu 6 menit 37 detik. Point 8 untuk video. Pemaparan pesan jelas dan mudah dipahami, point 10. 2. Tomorrow ( https://youtu.be/FLUWMCjdYRE ) Durasi sesuai, baik setiap slide maupun secara keseluruhan. Point 10 untuk videonya. Disampaikan dengan bahasa yang runut, lugas dan jelas. Juga point 10 untuk Tomorrow. 3. Rubii ( https://youtu.be/DmTe6ed7xwY ) Durasi videonya 6 menit 52 detik, juga kelebihan dari Pecha Kucha yang seharusnya. Point 8 untuk videonya. Pesan dan informasi juga tersampaikan dengan jelas, akan lebih bagus jika pandangan tetap mengarah ke kamera. Point 8 untuk Rubii.

[Bunda Salihah] : ApresiAKSI

Alhamdulillah materi ke-7 yaitu ApreAKSI akhirnya diberikan oleh Ibu setelah tertunda sepekan karena kesehatan Ibu yang sedang tidak baik. Materi kali ini adalah tentang apreAKSI, yang mengandung apresiasi, monitoring, evaluasi dan keputusan. 1. Social Impact ApreAKSI dimulai dengan membuat daftar pentingnya analisa dampak atas Aksi yang telah dilakukan oleh tim kami. Inilah alasan kami dalam membuat analisa dampak. 2. Theory of Change. Scale up is not growing our organization, it's growing our impact - Bill Dryton. Theory of change yang kami lakukan meliputi : Input : Biasanya merupakan kata benda, seperti materi , informasi dan pengetahuan yang tim butuhkan untuk melakukan aksi Activites : tugas yg akan dilakukan selama pelaksanaan aksi, lebih baik diungkakan dengan kata kerja ( melakukan, menyediakan, membuat, mengantarkan, mengajar, membuat) Output : dampak langsung yang akan ditimbulkan oleh aksi kita , lebih baik diungkan dengan kata kerja bentuk lam...