Langsung ke konten utama

Jurnal Zona E : Kontribusi Untuk Hexagon City

Bismillah ...

Jurnal kali ini ada yang berbeda, waktu pengumpulannya dipercepat menjadi pukul 14.00 WHP. Bukan masalah buat saya sih, karena saya bukan bagian dari pasukan cinderalla 😂.

Baik, tentang passionate people. Saya tentu saja belum bisa mengatakan diri saya sebagai passionate people. Karena saya masih kadang merasa sangat bersemangat, tapi terkadang juga merasa cuma ingin rebahan 😂. Gak selalu on fire. Kadang bersemangat, kadang perlu suntikan semangat.

Jadi, saya memang perlu untuk senantiasa berada di lingkaran orang-orang yang seirama. Dan saya beruntung berada di lingkungan Rumah Ramah Finansial, rumahnya para orang-orang yang mempunyai passion finansial dan berkomitmen untuk membuat project passion bersama-sama hingga akhir.

Lalu karakter apa yang akan saya budidayakan untuk menunjang passion tersebut. Adalah dengan menjadi pribadi yang solutif, yang mampu memberi ide dan solusi atas setiap milestone project. Tentu, menjadi solutif tidak bisa hadir dalam sekejap mata. Ada hal-hal yang terus menerus dilakukan : banyak membaca, membuka diri terhadap pengetahuan-pengetahuan baru. Memperkaya diri dengan ilmu keuangan dan menyebarkan seluas-luasnya kepada yang memerlukannya.

Bagaimana dengan habit power? Tentu, sebagai orang dengan passion keuangan banyak hal yang biasa saya lakukan terkait finansial. Saya sudah membiasakan membuat budget bulanan, membiasakan mencatat transaksi keuangan, membiasakan melakukan evaluasi keuangan, membiasakan membuat analisa keuangan, membiasakan belajar keuangan lainnya. Yang pada akhirnya kebiasaan tersebut membuat saya ingin mencicipi sektor keuangan lainnya, yaitu keuangan perpajakan.

Shining 4E : Easy, Enjoy, Excellent and Earn. Ternyata, dari keempat E ini saya sudah menikmati semuanya. Saya easy membuat laporan keuangan, saya enjoy menulis artikel keuangan, saya excellent menganalisa keuangan dan saya juga earn dari keuangan. Delapan tahun terakhir saya berkarir sebagai accounting, tax, finance dan ketika di tahun ini saya memutuskan untuk bekerja di ranah domestik ternyata masih ada orang yang berkenan untuk menjadikan saya konsultan pajaknya. Alhamdulillah.

#HexagonCity
#Hexagonia
#ContributionToNation
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pecha Kucha Sesi 3

3 tim yang hadir dengan video Pecha Kucha yaitu: 1. Finansial ( https://youtu.be/Vc7qsQzasME ) Masing-masing slide tidak 20detik tepat dan total keseluruhan lebih dari 1 detik. Point 8 untuk kriteria ini. Penyampaian pesan jelas dan gamblang tapi ada slide yang masih seperti berbentuk flayer hingga pointnya 8. 2. Thama 01 ( https://youtu.be/oB5cqnch1OM ) Durasi videonya 6 menit 44 detik hingga saya beri point 8. Pesan tersampaikan dengan lugas dan jelas, mudah dipahami dengan baik hingga pointnya 10. 3. Jernih ( https://youtu.be/uASfblg70Kg ) Durasi video lebih dari 3 detik, yaitu 6 menit 43 detik. Hingga saya beri point 8. Pesan terdeliver  dengan baik, bahasa mudah dipahami dan gampang dicerna. Poinnya 10 untuk Jernih.

Review Pecha Kucha Sesi 4

Tim yang hadir di sesi 4 pada tanggal 21 Maret 2022 1. Sitarasmi ( https://youtu.be/OUlBkV5l9bk ) Video pertama yang durasinya justru kurang 3 detik, yaitu 6 menit 37 detik. Point 8 untuk video. Pemaparan pesan jelas dan mudah dipahami, point 10. 2. Tomorrow ( https://youtu.be/FLUWMCjdYRE ) Durasi sesuai, baik setiap slide maupun secara keseluruhan. Point 10 untuk videonya. Disampaikan dengan bahasa yang runut, lugas dan jelas. Juga point 10 untuk Tomorrow. 3. Rubii ( https://youtu.be/DmTe6ed7xwY ) Durasi videonya 6 menit 52 detik, juga kelebihan dari Pecha Kucha yang seharusnya. Point 8 untuk videonya. Pesan dan informasi juga tersampaikan dengan jelas, akan lebih bagus jika pandangan tetap mengarah ke kamera. Point 8 untuk Rubii.

[Bunda Salihah] : ApresiAKSI

Alhamdulillah materi ke-7 yaitu ApreAKSI akhirnya diberikan oleh Ibu setelah tertunda sepekan karena kesehatan Ibu yang sedang tidak baik. Materi kali ini adalah tentang apreAKSI, yang mengandung apresiasi, monitoring, evaluasi dan keputusan. 1. Social Impact ApreAKSI dimulai dengan membuat daftar pentingnya analisa dampak atas Aksi yang telah dilakukan oleh tim kami. Inilah alasan kami dalam membuat analisa dampak. 2. Theory of Change. Scale up is not growing our organization, it's growing our impact - Bill Dryton. Theory of change yang kami lakukan meliputi : Input : Biasanya merupakan kata benda, seperti materi , informasi dan pengetahuan yang tim butuhkan untuk melakukan aksi Activites : tugas yg akan dilakukan selama pelaksanaan aksi, lebih baik diungkakan dengan kata kerja ( melakukan, menyediakan, membuat, mengantarkan, mengajar, membuat) Output : dampak langsung yang akan ditimbulkan oleh aksi kita , lebih baik diungkan dengan kata kerja bentuk lam...