Langsung ke konten utama

Pekan Extra Miles

Alhamdulillah, tiba saatnya di pekan extra miles. Di pekan ini saya sudah merasa nyaman, ibarat naik pesawat maka pekan saat ini adalah dimana keadaan sudah benar-benar stabil mengawang.

Jika di pekan-pekan sebelumnya masih beradaptasi. Beradaptasi dengan kemampuan anggota co house lainnya - iya, meskipun satu passion tetap memiliki spesifik passion yang berbeda juga-. Beradaptasi dengan project passion yang akan dikerjakan. Beradaptasi dengan pembagian peran untuk mewujudkan project passion. Beradaptasi dengan langkah-langkah kecil menuju goal project passion.

Pekan ini dimulai dengan pembagian raport per quartal. Alhamdulillah masih menghijau seperti saham di ISHG :D.

Di pekan ini, kami memulai dengan langkah extra. Diawali dengan melist aktivitas kemudian memasukkan aktivitas tersebut ke 4 kuadran.

Quick Win : Aktivitas yang berdampak tinggi, tetapi memerlukan effort yang rendah. Ini kondisi yang paling ideal. Kalau kata orang : Rebahan tapi dapat cuan :D. Karena usahanya sedikit tapi dapatnya banyak. Siapa yang gak senang coba? 

Major Project : Aktivitas yang berdampak tinggi dan memerlukan effort yang tinggi juga. 

Fill Ins : Aktivitas yang berdampak rendah dan memerlukan effort yang rendah juga.

Thanksless Task : Aktivitas yang berdampak rendah, tetapi effortnya tinggi. Ini kondisi yang sebaiknya tidak dilakukan. Menghabiskan waktu dan usaha yang tinggi tetapi hasilnya kecil, jika berada di kondisi ini sebaiknya segera berpindah ke kuadran sebelah.


Dari aktivitas-aktivitas yang masing-masing dilakukan oleh anggota cohouse, kami melakukan brainstorming apakah aktivitas tersebut akan di bawa ke extramile project dan apakah ada aktivitas lain yang belum dilakukan tetapi aktivitas tersebut diperlukan untuk menyokong boost project passion.


Akhirnya, extramile cohouse yang terbentuk adalah kumpulan aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan oleh masing-masing anggota dan beberapa aktivitas yang setiap anggota berkomitment untuk melakukannya.





#HexagonCity
#Hexagonia
#xtramiles
#kuliahbundaproduktif
#institutibuprofesional


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Pecha Kucha Sesi 3

3 tim yang hadir dengan video Pecha Kucha yaitu: 1. Finansial ( https://youtu.be/Vc7qsQzasME ) Masing-masing slide tidak 20detik tepat dan total keseluruhan lebih dari 1 detik. Point 8 untuk kriteria ini. Penyampaian pesan jelas dan gamblang tapi ada slide yang masih seperti berbentuk flayer hingga pointnya 8. 2. Thama 01 ( https://youtu.be/oB5cqnch1OM ) Durasi videonya 6 menit 44 detik hingga saya beri point 8. Pesan tersampaikan dengan lugas dan jelas, mudah dipahami dengan baik hingga pointnya 10. 3. Jernih ( https://youtu.be/uASfblg70Kg ) Durasi video lebih dari 3 detik, yaitu 6 menit 43 detik. Hingga saya beri point 8. Pesan terdeliver  dengan baik, bahasa mudah dipahami dan gampang dicerna. Poinnya 10 untuk Jernih.

Review Pecha Kucha Sesi 4

Tim yang hadir di sesi 4 pada tanggal 21 Maret 2022 1. Sitarasmi ( https://youtu.be/OUlBkV5l9bk ) Video pertama yang durasinya justru kurang 3 detik, yaitu 6 menit 37 detik. Point 8 untuk video. Pemaparan pesan jelas dan mudah dipahami, point 10. 2. Tomorrow ( https://youtu.be/FLUWMCjdYRE ) Durasi sesuai, baik setiap slide maupun secara keseluruhan. Point 10 untuk videonya. Disampaikan dengan bahasa yang runut, lugas dan jelas. Juga point 10 untuk Tomorrow. 3. Rubii ( https://youtu.be/DmTe6ed7xwY ) Durasi videonya 6 menit 52 detik, juga kelebihan dari Pecha Kucha yang seharusnya. Point 8 untuk videonya. Pesan dan informasi juga tersampaikan dengan jelas, akan lebih bagus jika pandangan tetap mengarah ke kamera. Point 8 untuk Rubii.

[Bunda Salihah] : ApresiAKSI

Alhamdulillah materi ke-7 yaitu ApreAKSI akhirnya diberikan oleh Ibu setelah tertunda sepekan karena kesehatan Ibu yang sedang tidak baik. Materi kali ini adalah tentang apreAKSI, yang mengandung apresiasi, monitoring, evaluasi dan keputusan. 1. Social Impact ApreAKSI dimulai dengan membuat daftar pentingnya analisa dampak atas Aksi yang telah dilakukan oleh tim kami. Inilah alasan kami dalam membuat analisa dampak. 2. Theory of Change. Scale up is not growing our organization, it's growing our impact - Bill Dryton. Theory of change yang kami lakukan meliputi : Input : Biasanya merupakan kata benda, seperti materi , informasi dan pengetahuan yang tim butuhkan untuk melakukan aksi Activites : tugas yg akan dilakukan selama pelaksanaan aksi, lebih baik diungkakan dengan kata kerja ( melakukan, menyediakan, membuat, mengantarkan, mengajar, membuat) Output : dampak langsung yang akan ditimbulkan oleh aksi kita , lebih baik diungkan dengan kata kerja bentuk lam...